News Update :

Trik Supaya Pengunjung Betah Dan Fokus Pada Blog/Website

Trik Supaya Pengunjung Betah Dan Fokus Pada Blog/Website

 

Pengunjung biasanya bosan dengan banyaknya tampilan yang ada pada homepage sehingga sering kali pengunjung bingung dan langsung menutupnya, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Singkat dan Padat

Seperti halnya materi promosi pemasaran pada berbagai media lain,  materi yang ringkas tapi “menggigit” merupakan pendekatan yang paling efektif dalam membuat landing page yang efektif. Materi yang bertele-tele berpotensi mengganggu perhatian pengunjung dan menggelincirkannya keluar dari jalur konversi menuju call to action. Pastikan bahwa semua materi, konten pada halaman web, relevan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan pada halaman tersebut serta “call to action” pada tahap sebelumnya yang membawa mereka pada landing page anda.

2. Layout Sederhana

Riset menunjukkan bahwa mayoritas (36%) landing page yang memiliki performa baik terdiri dari satu kolom. Hanya 14% dari landing page yang dinilai memiliki performa baik terdiri dari 2 kolom. Hanya 1% yang memiliki 3 kolom. Model berbentuk kotak atau postcard yang memenuhi satu halaman layar monitor juga menunjukkan performa yang jauh lebih baik.

3. Batasi Jumlah Link

Kita sering tertarik untuk menjejalkan link sebanyak-banyaknya ke dalam satu halaman. Biasanya dengan pertimbangan agar jika mereka tidak tertarik dengan produk, jasa, atau informasi yang ditampilkan pada halaman itu, mereka akan memilih tawaran anda yang lain alih-alih berlalu dan mencari website lain.

Pada kenyataanya, 49% landing page yang efektif hanya memiliki satu link. Logikanya, anda justru mengacaukan fokus perhatian penhunjung dengan berbagai pilihan lain sehingga bukannya yakin dengan pilihan mereka dan mengikuti call to action, mereka justru ragu-ragu, bingung, dan kemudian merasa perlu untuk surfing lebih banyak lagi sebelum mengambil keputusan.

Selain 49% yang memiliki hanya 1 link, semakin banyak link, tingkat kesuksesannya semakin menurun sbb: 12% memiliki 2 link, 13% memiliki 3 link, 7%  memiliki 4 link. Memang agak membingungkan karena studi tersebut juga menunjukkan bahwa 19% memiliki 5 link atau lebih. Tapi dengan mudah anda bisa membandingkan bahwa 19%, meskipun naik dari 12%, 13%, dan 7%, dibandingkan dengan 49% yang hanya memiliki 1 link, tidaklah cukup material.

4. Hindari Scroll

90% website yang sukses menuai konversi memiliki satu karakteristik yang sama, mereka menempatkan call to action pada posisi yang langsung terlihat jelas begitu halaman terbuka di layar monitor. Mungkin anda sering melihat landing page atau halaman web yang berisi penjelasan panjang lebar, dengan banyak gambar, analisa, diagram, dll. yang dirancang untuk meyakinkan konsumen, kemudian menempatkan call to action di ujung bawah.

Dari satu sisi, anda bisa saja benar dengan mempertimbangkan orang harus diyakinkan terlebih dahulu, baru diarahkan menuju call to action. Tapi jangan lupa, tidak banyak orang yang bersedia meluangkan waktu membaca penjelasan dan memperhatikan presentasi visual sebelum mengambil keputusan. Banyak riset pengambilan keputusan membuktikan bahwa intuisi memegang peran penting dalam pengambilan keputusan.

Hal terbaik adalah menempatkan call to action pada bagian yang bisa dilihat di layar monitor tanpa harus scroll. Bagi mereka yang mengambil keputusan cepat, mereka segera tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka yang menyediakan waktu untuk membaca dan menganalisa terlebih dahulu, tahu kemana pereka harus perki ketika akhirnya mengambil keputusan.

sumber: http://www.seobali.com/2011/08/08/memperbaiki-landing-page-untuk-meningkatkan-konversi/
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright TRIK ABIS 2014 |Powered by Blogger.